Pelatihan Asesor

Peningkatan layanan akreditasi terhadap program dan satuan PAUD dan PNF yang pada tahun 2017 ditargetkan sejumlah 10.000 sasaran akreditasi, sejalan dengan implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2015 tentang BAN PAUD dan PNF. Sebagai tindak lanjut dari kedua landasan yuridis tersebut, maka sejak tahun 2016 tengah dilakukan pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Akreditasi PAUD dan PNF di seluruh Kabupaten/Kota. Adapun BAP telah terbentuk di 34 Provinsi pada tahun 2016.

Dengan terbentuknya BAP PAUD dan PNF serta Pokja Akreditasi PAUD dan PNF Kabupaten/Kota selanjutnya BAN PAUD dan PNF mempersiapkan para asesor akreditasi yang akan bertugas di setiap provinsi. Pada tahun 2016 dialokasikan rekrutmen asesor baru sejumlah 1.250 orang di 34 provinsi dan pada tahun 2017 dialokasikan sejumlah 404 orang asesor baru dan diutamakan pada kabupaten/kota yang belum ada asesornya. Calon Asesor bersama sebagian asesor akan dilatih untuk meningkatkan kompetensi kepribadian, sosial dan kompetensi khusus terkait teknis akreditasi sebagai Asesor Desk Assessment, Asesor Visitasi, Asesor Validasi.

Materi yang disajikan pada Pelatihan Peningkatan Kompetensi Asesor ini mencakup aspek-aspek konseptual, kebijakan, kode etik asesor dan asesmen akreditasi PAUD dan PNF. Diharapkan dengan berbekal pelatihan ini para peserta mampu melaksanakan tugas sebagaimana yang diharapkan.